Minggu, 11 November 2012

Public, Private and Protected JAVA



Selamat Pagi para Blogger dan pembaca setia, tidak disangka ketika saya cek ternyata blog saya telah dilihat sebanyak 2000 kali dengan laporan yang ada dan saya sendiri jarang membukanya berarti banyak juga yang melihat blog saya yang kusut dan kumuh tampilannya ancur gini  heheheeh .. walaupun bukan sutuhnya tulisan saya dan melalui referensi blog-blog senior tetapi saya terus mencoba belajar menulis juga menambah pengetahuan.
Kali ini saya akan sedikit membahas tentang Public, Private, and Protected dalam programming Java, saya mengabil referensi dari blog para senior Java dan Java Programmer .


1.      1. Public
Public digunakan apabila kita menginginkan semua variable dalam Class tersebut dapat di akses dari Class manapun.
            Contoh bikin untuk Public kelas perkuliahan :


2. Protected
Fungsi Protected ini sama dengan Public, hanya dapat digunakan dalam Class yang sama. Untuk lebih jelasnya, coba kita ganti Public menjadi Protected pada Methods di atas kemudian compile program tersebut.
3. Private
Sedangkan Private hanya dapat digunakan dalam Class yang sama saja. Untuk lebih jelasnya coba ganti Public menjadi Private kemudian compile program tersebut.


So, dapat disimpulkan secara sederhana modifier tersebut menjadi :

Public : Metode dapat diakses oleh sembarang kelas (Bebas).

Private : Hanya dapat diakses pada metode2 dalam kelas yang sama.

Protected : Metode dapat diakses pada kelas sendiri dan pada subkelasnya.

Terima Kasih semoga penjelasan singkat disertai praktek langsung dapat menambah pengetahuan para pembaca setia :) :)
 


Referensi Pembelajaran KLIK DISINI BLOG BANG KOENTJORO dan YASINISASI 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar