Sedikit berbagi lagi nih,
beberapa waktu lalu saya mengikuti seminar tentang Augmented Reality, saya tertarik sekali
dengan kecanggihan teknologinya, kemudia saya mencari referensi
dari beberapa blog dan say menemui artikel milik bung Haryvedca ini, penjelasan
yang menarik tentang Augmented Reality sebuah teknologi yang ditemukan sudah
lama sekitar tahun 1980an dan kurang dikenal kemudian muncul lagi dikenalkan
oleh jepang dan amerika. Untuk Indonesia sendiri teknologi Augmented Reality ini digunakan untuk sarana promosi
produk berbagai jenis barang mulai dari makanan. Minuman hingga produk gadget
dan perindustrian film kartun. Memang sangat dibutuhkan keahlian dan belajar
yang sungguh untuk menguasai teknologi AR ini karena harus menguasai
animation maker, bahasa pemrograman
seperti java, dan bahasa C. Berikut sekelumit tentang Augmented Reality Teknologi.
Perkembangan teknologi
multimedia digital saat ini memungkinkan terjadinya penyampaian informasi yang
lebih cepat, interaktif dan menarik. Augmented reality adalah upaya untuk
“menggabungkan” dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat oleh
komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis (wikipedia). Data
yang disajikan adalah penggabungan data grafis (foto,video) yang ada di dunia
nyata dengan data grafis yang dihasilkan oleh komputer baik berbentuk teks,
foto, video, ataupun animasi. Prinsip kerja teknologi augmented reality seperti
gambar berikut.
Obyek secara virtual akan ditempatkan di atas marker. Orang dapat melihat obyek tersebut melalui kamera. Pada gambar di bawah sebuah marker terlihat kosong, jika ditempatkan di depan kamera maka akan terlihat sebuah benda di atas marker tersebut.
marker pada tangan kemudian muncul animasi di atas tangan hasil capture camera |
Magic Book” merupakan sebuah buku yang berisi kumpulan marker yang telah diidentifikasi sebagai sebuah obyek. Dalam pembelajaran pengenalan bentuk 3 dimensi, siswa akan melihat berbagai bentuk obyek pada setiap halaman buku. Obyek 3 dimensi seperti kubus akan disertai keterangan berupa data text mengenai obyek tersebut, sehingga siswa dapat mempelajari secara lebih realistis berbagai macam bentuk 3 dimensi.
sumber referensi :
http://haryvedca.wordpress.com
kita juga punya nih jurnal mengenai teknologi augmented reality , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1103/1/50407037.pdf
semoga bermanfaat yaa :)