Sabtu, 08 Oktober 2011

BLackberry Smartphone menggeser PDA

PERKEMBANGAN PESAT SMARTPHONE BLACKBERRY
Selamat jumpa kembali pembaca, saya gregorius ingin sedikit membahas tentang bagaimana BB mengusai dunia dengan BBM nya yang membuat orang tergiurkan.
Dahulu BB tidak ada apa-apanya, hanya sebatas smartphone yang mungkin hanya sebagian orang yang mengenalnya, dulu kita sangat mengenal PDA O2 dan Dopod. Spesifikasi yang ditawarkan oleh PDA ini sangat canggih dan hebat pada zamannya contohnya aplikasi pengubah dokument, wireless, dan lain-lain.
Contoh speksifikasi PDA O2 ATOM :
Network: HSDPA / GSM 900 / GSM 1800 / GSM 1900
Diperkenalkan: Januari 2007
Dimensi: 106 x 58 x 18 mm
Berat: 145 g
Display: TFT touchscreen, 65K warna, 240 x 320 pixels, 2.7 inches
- Handwriting recognition
Ringtones : Polyphonic (64 channels), MP3
Download: Ya
Getar: Ya
Memory:
Phonebook: Practically unlimited entries, Photocall
Call records: Practically unlimited
Card slot: miniSD
- 64 MB RAM, 1 GB ROM
- Intel XScale PXA 270, 620 MHz processor
Data: GPRS Class 10 (4+1/3+2 slots), EDGE, HSDPA, WLAN Wi-Fi 802.11b/g, Infrared port, Bluetooth v1.2, USB miniUSB
Fitur Lainnya
OS : Microsoft Windows Mobile 5.0 PocketPC
Messaging : SMS, MMS, Email, Instant Messaging
Browser : WAP 2.0/xHTML, HTML (PocketIE)
Games : Ya
Warna : Silver
Camera : 2 MP, 1600×1200 pixels, video, flash
External Camera VGA video call camera
- Video call, Pocket Office(Word, Excel, Outlook), FM Radio with RDS, Java MIDP 2.0, Voice memo, MP3/AAC player, Video/audio album, Built-in handsfree
Battery : Standard battery, Li-Po 1530 mAh
Stand-by sampai 200 jam
Talk time sampai 4 jam


 
Sedangkan Spesifikasi BB bold contohnya :    
General HandPhone Information
Dimension - Dimensi
114x66x14 mm
Colour - Warna
Black
Phone Weight / Volume
133 gram / 105 cc
Network System - Sistem Jaringan
2G Network
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network
HSDPA 850 / 1900 / 2100
CPU Processor Speed
624
CPU Processor Type
624 MHz processor
Sistem Operasi
BlackBerry OS
Versi Interface GUI



BlackBerry Bold  Memory System
Memory Internal
1 GB storage, 128 MB RAM
Memori Eksternal
microSD (TransFlash), microSDHC Maximum Capacity : 8000
Memory Include

Phone Book
Yes, Photocall
Call Records
Yes
Opsi Memory

Layar Display & Input
Jenis Layar / Warna
, 65 ribu warna
Resolusi Layar
480 x 320 pixels
Ukuran Display

Layar Tambahan Opsional

Qwerty Keyboard
Yes
Touch Screen / Layar Sentuh
No
Opsi Layar & Input method
- Full QWERTY keyboard
- Trackball navigation
- Wallpapers
Kamera BlackBerry Bold
Resolusi kamera BlackBerry Bold
5 MP
Secondary Camera
No
Fitur Kamera
LED flash, Videocalling
Perekam Video
Yes
Network Data and Conectivity
HSCSD

GPRS
Yes
EDGE
Class 10, 236.8 kbps
UMTS / HSDPA /HSUPA
HSDPA 3.6 Mbps
WLAN - Wi-Fi
802.11 a/b/g
USB
2.0
Infrared
No
Bluetooth
2.0
Kabel data BlackBerry Bold 9000

Office and Messaging
Messaging
SMS, MMS, Email, Instant Messaging
WAP
No
Browser

Java Support

Email Client
Yes
Feature
- BlackBerry maps
- Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
- Media player MP3/WMA/AAC+
- Video player DivX/WMV/XviD/3gp
- Organizer
- Voice dial
- Voice memo
Games
Yes + downloadable
GPS Support
Yes
Baterai BlackBerry Bold
Battery Tipe
Lithium ion, Standar Battery [ ]
Batery Option
Standard battery, Li-Ion 1500 mAh
Battery Amperage
1500 mAh
Standby Time 2G / 3G
12 days 22 hours | 0 days 0 hours
Talk TIme 2G / 3G
0 hours 0 minutes | 0 hours 0 minutes
Music Play time


1, 2, 3 tahun terlewati utuk benda secanggih ini. Tiba-tiba ada seorang lelaki hebat anak Turki yang ingin merealisasikan mimpi gurunya yaitu menggabungkan fungsi elektronik, komputer dan wireless dalam genggaman tangan . maka dari itu s pemuda yang bernama Mike Lazaridis  ini menciptakan teknologi baru smartphone Blackberry. Sebut saja BB kata orang sekarang yang sedang menguasai pasar handphone internasional. 
Menurut peringkat Milward Brown Top 100 Most Powerfull Brands, BlackBerry urutan ke-51 dunia dan disebut sebagai yang tercepat pertumbuhannya dengan angka kenaikan 390 persen.
Pentingnya riset
Dengan kondisi global yang lesu, tahun 2009 RIM telah mengirim 26 juta BlackBerry ke sejumlah negara. Januari 2009, BlackBerry sudah membuat perangkat BlackBerry ke-50 juta. ”Pendapatan RIM tahun fiskal 2009 naik 84 persen dari 6 miliar dollar AS menjadi 11 miliar dollar AS,” ujarnya.
Tahun 2009, BlackBerry mendapat penghargaan GSMA Chairman’s Award untuk kategori pionir bidang wireless. Di tengah stagnannya penemuan baru, bisa dibilang Lazaridis mendominasi sebagai inventor pada dekade ini.
Lazaridis menyadari, kesuksesan RIM merupakan dampak dari ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, dia yakin ilmu pengetahuan yang didorong universitas bisa diharapkan membawa perubahan.
Dukungannya terhadap dunia penelitian tak tanggung-tanggung. Pada Oktober 2000 dia mendirikan Perimeter Institute for Theoretical Physics dengan dana 100 juta dollar AS yang diambil dari kantong pribadinya.
April 2004, bersama istrinya dia mendonasikan 33,3 juta dollar AS untuk Institute for Quantum Computing di University of Waterloo. Mei 2005, dia memberi tambahan lagi 17,2 juta dollar AS untuk membangun gedung Institute for Quantum Computing dan Waterloo Institute for Nanotechnology.
Lazaridis tak hanya penemu BlackBerry. Sekitar 50 hak paten miliknya berkisar pada wireless dan sistem display industri. DigiSync, pembaca barcode untuk industri film, ternyata juga di bawah hak paten dia, yang membuatnya mendapatkan penghargaan Emmy dan Academy Award tahun 1999.
Sejarah
Lazaridis bukan asli Kanada. Dia lahir 14 Maret 1961 di Istanbul, Turki. Kedua orangtuanya yang berasal dari Yunani membawa Lazaridis ke Kanada saat usianya lima tahun.
Tahun 1966 Lazaridis tinggal di Windsor, Ontario. Bakatnya mulai tampak sejak dia bersekolah di Windsor. Kutu buku ini menghabiskan banyak waktunya di perpustakaan.
Umur 12 tahun dia mendapat penghargaan Windsor Public Library karena telah melahap semua buku ilmu pengetahuan di perpustakaan itu. Di SMA, minat terhadap elektronik terfasilitasi karena bertemu dengan guru-guru hebat. Dalam setiap wawancara dia selalu merujuk pada guru-guru SMA yang menjadi motivator paling baik.
Tahun 1979 dia memutuskan kuliah di University of Waterloo jurusan Electrical Engineering bidang ilmu komputer. Saat menjadi mahasiswa, dia mendapat kontrak 500.000 dollar dari General Motors (GM) untuk membangun display kontrol jaringan komputer.
Dari dana kontrak dengan GM itu, ditambah pinjaman 15.000 dollar dari orangtuanya, Lazaridis yang masih mahasiswa mendirikan RIM. Dia keluar dari universitas dua bulan sebelum lulus.
RIM bergerak di bidang teknologi barcode untuk film. Lambat laun, RIM merambah ke wireless dan tahun 1999 memperkenalkan BlackBerry.
Walau akhirnya drop out dari universitas, berkat dedikasinya, pada Oktober 2001 dia meraih penghargaan Doctor of Engineering dari University of Waterloo. Pada Juni 2003 ia bahkan ditunjuk menjadi chancellor kedelapan universitas itu.
BlackBerry unik karena punya sistem sendiri dalam mengelola e-mail, terutama teknologi server yang tak dimiliki perusahaan lain. Di saat produsen telepon genggam lainnya puas dengan memanfaatkan sistem yang sudah ada, Lazaridis berpikir lain. ”Kami sangat hati-hati dalam mengembangkan perangkat ini. BlackBerry punya sistem yang unik, inilah yang membuat layanan kami akan unggul di mata konsumen,” katanya.
Dia yakin, ke depannya kebutuhan akan transmisi data makin tinggi dan wireless akan menjadi solusi. ”Kami menggabungkan fungsi perangkat bergerak dengan fungsi komputer,” katanya.
Apakah BlackBerry akan menggantikan komputer desktop atau laptop? Apakah BlackBerry juga punya ambisi mengambil alih sistem telekomunikasi GSM yang populer saat ini?
”Tidak, kami juga terlibat dalam pengembangan teknologi lain,” katanya. Teknologi GSM, misalnya, jaringannya masih bisa kita manfaatkan dengan berbagai pengembangan riset.
Di balik ambisi membuat BlackBerry mewabah, Lazaridis tetap lari ke dunia riset, mengembangkan berbagai kemungkinan teknologi yang tersedia. Jadi, tak harus menjadi dominan dan membunuh yang lain jika ingin sukses.

Sekarang semenjak banyaknya pengguna BB di seluruh dunia maka harga BB pun menurun dan hampir semua kalangan atau golongan masyarakat dapat memakainya. Apalagi anak muda jaman sekarang yang ngemis-ngemis ke orang tuanya agar membelikannya BB untuk keperluan atau juga karena gengsi . 



 INGIN TAU LEBIH BANYAK TENTANG BB KLIK DIBAWAH KATA INGIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar